Sabtu, 04 Februari 2023

Taman di Surabaya Untuk Refreshing Keluarga

taman-di-surabaya

Taman di Surabaya untuk sekadar refreshing bareng keluarga itu banyak loh, dan kesemuanya dikelola dengan cantik oleh pemerintah Kota Surabaya.

Warga Surabaya wajib berterima kasih kepada walikota. Khususnya sejak masa kepemimpinan ibu Risma, semua lokasi umum yang ada di Surabaya benar-benar dirombak dan dipercantik. Sehingga bisa dinikmati secara gratis oleh seluruh warga Surabaya.

Baca juga : Tempat Wisata Surabaya yang Murah Hingga Gratis

Jenis Taman Di Surabaya yang Makin Beragam

Di antara puluhan taman yang cantik dan bisa dinikmati oleh masyarakat Surabaya, masing-masing terdiri dari berbagai jenis, yaitu:


Sebagai sarana bermain

Hampir semua tempat refreshing yang ada di Surabaya merupakan taman bermain untuk anak-anak, di mana selalu dilengkapi dengan berbagai alat permainan. Seperti: jungkat jungkit, ayunan, perosotan, tempat memanjat dan semacamnya.

Kecuali di beberapa tempat yang letaknya di tengah median jalan dan lokasinya memang sempit. Biasanya tidak dijadikan sebagai tempat untuk bermain.


Sebagai sarana belajar flora dan fauna

Selain untuk bermain, beberapa taman di Surabaya juga dikategorikan sebagai jenis taman flora maupun fauna. Di mana di dalam tempat tersebut terdapat banyak tanaman maupun hewan-hewan yang dipelihara. 

Dan bisa dijadikan sarana bermain maupun belajar bagi pengunjung yang datang.


Sebagai sarana belajar sejarah

Beberapa taman di Surabaya juga dikategorikan sebagai jenis tempat untuk sarana belajar. Baik yang berada dalam satu lokasi dengan tempat bermain. Maupun yang memang hanya ditujukan sebagai sarana untuk belajar, biasanya untuk belajar sejarah.


Fasilitas Taman yang Ada Di Surabaya

Tidak perlu khawatir untuk berkunjung dan refreshing bersama keluarga pada taman yang ada di Surabaya. Karena hampir semua tempat yang ada dilengkapi oleh berbagai fasilitas yang memadai, seperti:


1. Taman di Surabaya yang indah

Taman-taman di Surabaya selalu dirawat dengan baik oleh pemerintah Surabaya. Sehingga tidak heran jika hampir semua tempat tampil dengan indah dan cocok untuk tempat bersantai maupun refreshing bareng keluarga.

Baik untuk menikmati tanaman yang cantik, ornamen hiasan di taman yang indah. Tentunya sangat cocok dijadikan sebagai tempat ber swafoto bagi pengunjung yang datang.


2. Toilet dengan air bersih

Di beberapa tempat juga telah tersedia toilet, lengkap dengan air bersih yang melimpah. Sehingga tak perlu khawatir jika sedang bersantai di tempat ini, lalu punya keinginan hendak menunaikan hajat ke belakang.


3. Mushola

Mushola juga tersedia di beberapa taman yang lumayan besar. Bikin pengunjung tak perlu khawatir ketinggalan waktu shalat ketika sedang bersantai dan refreshing bersama keluarga.


4. Tempat parkir yang aman

Dan yang paling penting adalah, taman yang ada di Surabaya selalu dilengkapi dengan tempat parkir yang aman. Baik yang berada di sekitar tempat tersebut, maupun berada agak jauh dari lokasinya.

  

5. Tempat kuliner taman di Surabaya

Refreshing lalu perut terasa lapar? 

Tak perlu khawatir, di beberapa taman juga tersedia area orang-orang yang berjualan berbagai makanan. Jadi bisa sekalian jajan di area tersebut.


10 Taman di Surabaya yang Cocok untuk Refreshing Bareng Keluarga


1. Taman Prestasi Surabaya

taman-di-surabaya
Source: reyneraea.com

Terletak di tepi sungai, tempat cantik ini menyajikan pemandangan yang cukup menawan. Baik pepohonan yang rindang, juga terdapat fasilitas yang cukup lengkap. Pengunjung bisa berpiknik bahkan berkebun di tempat ini. 

Pengunjung pun bisa mencoba berbagai permainan yang tersedia, seperti wahana naik perahu sambil menikmati suasana sekitarnya. Juga tersedia wahana bermain bagi anak anak serta lapangan tenis.

Baca juga : Bermain di Taman Prestasi Surabaya

Alamat: Jalan Ketabang Kali No.6, Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.


2.  Taman Kota Surabaya

taman-di-surabaya

Berada di tengah-tengah kota Surabaya, tempat ini selalu jadi tujuan masyarakat sekitar untuk refreshing dan menikmati akhir pekan. 

Dengan teduhnya pohon-pohon yang rindang dan ada di sekitar tempat ini, bikin suasana jadi lebih sejuk. Pengunjung bisa bersantai di beberapa sudut taman. Menikmati indahnya suasana bersama keluarga yang bikin moment liburan jadi lebih menyenangkan. 

Selain beristirahat dan menikmati suasana, pengunjung dapat menikmati olahraga berlari, atau bersepeda mengelilingi tempat ini.

Alamat: jalan Taman AIS Nasution, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.


3. Taman Cahaya

taman-di-surabaya

Merupakan yang terbaik dari taman di Surabaya, tempat ini ramai dikunjungi ketika sore hari. Dengan ukurannya yang luas hingga mencapai 1,5 hektar, menampung lebih banyak pengunjung. 

Bermacam fasilitas ada di sini, ada lapangan futsal, lapangan basket, jogging track hingga tempat bermain anak-anak. Para muslim juga bisa shalat di mushola yang ada di sini.

Alamat: jalan Pakal, Pakal, Kecamatan Pakal, Kota Surabaya.


4. Taman Bungkul

taman-di-surabaya

Merupakan tempat yang punya tata letak yang rapi dan indah. Tempat ini juga dikenal sebagai salah satu ikon dari kota pahlawan. 

Dilengkapi beberapa sarana dan prasarana yang memuaskan pengunjung, seperti jogging track, skate park dan kolam air mancur.

Ada pula tempat bermain anak hingga tempat makan. Dan di sini juga tersedia zona WiFi gratis yang bisa diakses oleh pengunjung.

Alamat: Taman Bungkul, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya.


5. Taman Surya

taman-di-surabaya

Terletak tepat di depan Balai Kota Surabaya, tempat ini lebih sering dijuluki Taman Balai Kota. Berukuran cukup luas, terdapat juga air mancur di bagian tengahnya. 

Di sini juga menyediakan tempat parkir yang luas, ada pula tempat duduk yang cukup banyak. Pengunjung bisa duduk-duduk menikmati air mancur yang menari. Atau bisa menyaksikan anak-anak yang bermain di sekitar air mancur.

Alamat: jalan Taman Surya Ketabang, Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.


6. Taman Flora Bratang

taman-di-surabaya

Tempat ini banyak terdapat tanaman yang beragam dan dibiarkan tumbuh menggantung di mana-mana. Tanamannya pun rimbun dan menyejukkan, dengan berbagai fasilitas lengkap yang tersedia.

Ada tempat bermain anak-anak, balai pertunjukan, tempat baca anak, toilet juga kandang hewan. Pengunjung bisa menikmati udara yang sejuk. Juga menyaksikan binatang seperti kijang, burung merak, unta dan banyak lagi.

Baca juga : Taman Flora Bratang / Kebun Bibit Surabaya

Alamat: jalan Bratang Binangun, Baratajaya, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya.


7. Taman Harmoni

taman-di-surabaya

Dulunya tempat ini merupakan TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Sekarang disulap jadi tempat yang sangat cantik. 

Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai bunga-bunga cantik dan warna warni. Beberapa di antaranya ada bunga pagoda, bunga sepatu, bunga mawar, bunga tabebuya hingga bunga matahari. 

Tempat ini juga ditata dengan sangat rapi dan cantik, bikin pengunjung betah berlama-lama di sini. Ada juga area permainan anak yang bisa digunakan jika mengajak anak-anak.

Alamat: jalan Keputih Tegal Timur II No.249, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya.


8. Taman Apsari

taman-di-surabaya

Merupakan salah satu warisan zaman kolonial, di tempat ini pengunjung bisa menikmati suasana sejuk dari rindangnya pepohonan yang tumbuh di sekitarnya.

Ada pula aneka bunga-bunga indah yang menghiasi segala sudut tempat ini. Pengunjung juga dapat melihat monumen patung Arca Joko Dolog yang ada di tengah air mancur. 

Selain menikmati suasana dengan duduk santai, pengunjung juga dapat bermain futsal di lapangan rumput yang ada.

Alamat: jalan Taman Apsari, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.


9. Taman Pelangi

taman-di-surabaya

Tempat ini memang tidak seluas tempat lainnya. Akan tetapi, pemandangannya tidak kalah menariknya. Ada pilar-pilar yang dibangun secara berderet, kemudian dihiasi aneka lampu warna warni. 

Ketika malam, tampilannya seperti pelangi, dan karenanya waktu terbaik berkunjung ke sini adalah malam hari.

Baca juga : Indahnya Surabaya di Malam Hari

Alamat: jalan Ahmad Yani No.138, Gayungan, Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya


10. Taman Ekspresi

taman-di-surabaya

Telah ada sejak tahun 2011, dan menjadi tempat yang cukup unik buat pengunjungnya. Di sini, pengunjug bisa menjumpai banyak karya seni. Seperti, ada motor vespa yang dibuat kontras bertemankan pepohonan di sekitarnya. 

Tempat ini juga cukup instagramable, sehingga banyak pengunjung yang ber swafoto di sini. Dan menariknya, di sini terdapat patung instalasi dan pohon persahabatan yang ditanam oleh walikota-walikota ASEAN.

Alamat: jalan Genteng Kali No.67, Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.


Kesimpulan dan Penutup

Taman di Surabaya memang makin banyak dan tersebar di berbagai wilayah kota pahlawan. Dan hampir semuanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap. Mulai dari tempat parkir, toilet bersih, mushala dan sebagainya.

Tidak heran jika menjadi tempat yang cocok untuk menikmati refreshing bersama keluarga, terutama di akhir pekan.


Sumber: 

  • https://www.rumah.com/areainsider/surabaya/article/10-taman-di-surabaya-paling-nyaman-paling-juara-13233 diakses 04 Februari 2023
  • https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/taman-kota-di-surabaya-acc/26272 diakses 04 Februari 2023
Gambar: Canva edit by Rey dan berbagai sumber

Demikianlah artikel tentang taman di Surabaya yang tersebar banyak di seluruh wilayah kota pahlawan ini. Dengan fasilitas lengkap, cocok untuk tempat refreshing bersama keluarga. Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar