Senin, 13 Februari 2023

Surabaya Bergerak, Untuk Warga Kota Surabaya yang Lebih Baik

surabaya-bergerak

Surabaya bergerak merupakan sebuah gerakan sosial yang diinisiasi oleh Suara Surabaya Media. Tentunya bekerja sama dengan pemerintah kota Surabaya.

Dan gerakan sosial ini, telah ada sejak November tahun 2022 lalu.

Gerakan Surabaya Bergerak ini, dilakukan di kota Surabaya, dengan sifat berdasarkan sukarela dan inisiatif masyarakat. Tentunya termasuk yang berkepentingan lainnya.

Dengan berbekalkan prinsip-prinsip secara inklusif, kolaboratif, pro aktif, egaliter, kreatif, peduli, berlanjut. Juga berorientasi pemecahan masalah dan tindakan yang konkret.

Dan gerakan ini dimulai dengan aanya kerja bakti para warga untuk membersihkan lingkungan tempat tinggalnya. Dan bisa juga dilanjutkan dengan berbagai tujuan lainnya. Yang pastinya untuk membantu meningkatkan kualitas hidup warga Surabaya yang penuh dengan keberagaman.

Baca juga : Tentang Kota Surabaya


Tujuan Dari Surabaya Bergerak


surabaya-bergerak

Adapun tujuan dari gerakan Surabaya Bergerak adalah:

  • Untuk mengonsolidasi stake holders, agar dapat melakukan kerja bakti di lingkungan masing-masing.
  • Sebagai upaya untuk menumbuhkan sikap "kesukarelaan" dari kepedulian bersama, dan bergerak bersama-sama.
  • Untuk dapat membentuk pijakan sebagai keberlanjutan gerakan, dalam bentukan yang beragam berbasis kesukarelaan
  • Untuk bantu membentuk kekerabatan sosial yang rekat untuk memecahkan permasalahan kota Surabaya.

Baca juga : Tentang Warga Kampung 1001 Malam Surabaya


Beberapa Kegiatan dari Gerakan Surabaya Bergerak

Adapun beberapa kegiatan dari gerakan Surabaya Bergerak ini adalah, bersama-sama membersihkan saluran air tersier. Yang ada di depan rumah warga masing-masing.

Di mana pada kegiatan ini, diharapkan sampah-sampah yang berasal dari sedimentasi hasil pengerukan dan pembersihan bisa dikumpulkan. Kegiatan ini tentunya penting sekali mengingat musim hujan masih terus berlangsung. Sehingga kemungkinan banjir bisa diatasi.

Pada kegiatan ini, semua warga yang berdomisili di Surabaya, ataupun yang peduli dengan lingkungan tempat tinggal di Surabaya, bisa ikutan.

Adapun waktunya dilakukan setiap minggu, di mana para peserta bisa mendaftar terlebih dahulu di lama https://bergerak.surabaya.go.id/daftarkan.

Setelah disepakati waktunya, kerja bakti pun bisa dilakukan mulai pukul 06.00 sampai dengan selesai. 

Tak perlu khawatir dengan pengumpulan sampah hasil kerja bakti. Melalui registrasi yang dilakukan, pihak pemkot akan datang untuk mengambil sampah-sampah sesuai titik yang disepakati.

Tentunya untuk hal ini, semua warga diwajibkan menentukan titik pengumpulan sampah sedimentasi. Dan sampah tersebut sudah dikemas dalam karung/glangsing. 

Setelahnya, dilakukan koordinasi melalui penghubung masing-masing kelurahan. Agar bisa dilakukan pengangkutan dan pembuangan sampah sesegera mungkin.

Baca juga : Cara Mendapatkan KTP Digital untuk Warga Surabaya


Cara Pendaftaran Kegiatan Surabaya Bergerak

Adapun cara pendaftarannya sangat mudah:

surabaya-bergerak

  1. Kunjungi halaman website https://bergerak.surabaya.go.id, lalu klik tombol Daftar Sekarang.
  2. Lanjutkan dengan mengisi semua kolom yang ada.
  3. Jangan lupa untuk melengkapi kolom "Titik Lokasi Pengumpulan". Dengan cara mengetikkata kunci daerah masing-masing, yang jadi titik kumpul hasil kerja bakti RT/RW masing-masing. Setelahnya geser logo ikon pin merah pada peta digital di bawahnya. Nantinya logo tersebut akan menunjukkan titik spesifik lokasi pengumpulan hasil kerja bakti.
  4. Untuk keterangan "Catatan Lokasi Pengumpulan". Silahkan ketik ancer-ancer yang menjadi titik lokasi pengumpulan hasil kerja bakti. Misal: dekat balai RW 08 Kelurahan Kapasari.
  5. Setelah pengisian kolom lengkap, jangan lupa klik kolom centang "Saya Setuju Syarat dan Ketentuan yang Berlaku". Warga bisa membaca "Syarat dan Ketentuan Yang berlaku" tersebut, dengan cara klik kata-kata "Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku".
  6. Lanjutkan dengan mengeklik tombol warna hijau "Daftarkan Sekarang".
  7. Selesai mendaftar, akan ada notifikasi di halaman web, yang berisi informasi pendaftaran telah diterima. Dan juga tanggal kerja bakti yang telah ditentukan oleh sistem. Pemilihan tanggal kerja bakti oleh sistem dibuat otomatis berdasarkan kuota pendaftar di hari Minggu yang terdekat.
  8. Bila kuota pendaftar penuh, secara otomatis sistem akan memilih tanggal di hari Minggu berikutnya. Pilihan tanggal hari Minggu lainnya juga bisa dipilih oleh peserta.
  9. Pendaftar bisa mendaftar kerja bakti lebih dari satu kali. Asalkan di tanggal yang berbeda. Dan dengan menjalankan lagi prosedur pendaftaran. Tanggal kerja bakti juga ditentukan oleh sistem dan prosedur yang sama seperti dijelaskan pada point-point sebelumnya.
  10. Tak perlu khawatir tentang fasilitas glangsing atau karung untuk menampung sampah sedimentasi. Semuanya bisa diambil di kantor kelurahan terdekat, setelah melakukan pendaftaran. Usahakan agar setiap RT bisa mendapatkan 25 pcs glangsing/karung. Tentunya kepastian ini berdasarkan juga, jumlah maupun ketersediaannya. Dan sangat tergantung pada stok yang dimiliki oleh Pemkot Surabaya.

Baca juga : Sejarah Gedung Bank Mandiri Surabaya


Penutup dan Kesimpulan

Kegiatan Surabaya Bergerak sangat bermanfaat untuk peningkatan kualitas hidup warga secara keseluruhan. Apalagi kegiatannya sangat positif dan bermanfaat.

Kegiatan kerja bakti bersama di musim penghujan ini misalnya. Akan sangat membantu mengatasi kemungkinan banjir karena curah hujan di kota Pahlawan ini.

Sumber dan referensi:

  • https://bergerak.surabaya.go.id/ diakses 13 Februari 2023
  • https://www.suarasurabaya.net/fokus/surabaya-bergerak/ diakses 10 Februari 2023

Demikian artikel tentang kegiatan Surabaya Bergerak, untuk warga kota pahlawan jadi lebih baik, yuk warga Surabaya, ikutan yuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar