Jumat, 23 Desember 2022

7 Tempat Wisata Surabaya Murah dan Gratis untuk Liburan

tempat wisata surabaya

Tempat wisata Surabaya yang murah hingga gratis mulai banyak diserbu pengunjung, sejak minggu ini, yang mana bertepatan dengan momen libur panjang anak sekolah.

Terlebih, liburan anak sekolah, bertepatan juga dengan libur natal 2022 dan tahun baru 2023.

Sebagian orang mungkin mempergunakan kesempatan libur ini dengan mudik mengunjungi kampung halaman, sebagian juga hanya memanfaatkan dengan berlibur di tengah kota saja.

Salah satunya dengan berwisata di tengah kota Surabaya, yang memang banyak terdapat tempat wisata, baik yang murah hingga gratis.

Adapun beberapa tempat wisata Surabaya yang murah dan gratis adalah:


1. Tempat Wisata Surabaya di Taman Bungkul


Biaya masuk: gratis, hanya bayar parkir kendaraan saja.

tempat wisata surabaya taman bungkul

Wisata Taman Bungkul ini terletak di pusat kota Surabaya, yaitu di Jalan Raya Darmo.
Taman ini selalu terjenal dan menjadi jujugan banyak pengunjung baik dari dalam kota Surabaya, maupun dari luar kota Surabaya.

Hal ini dikarenakan, Taman Bungkul selalu terkenal dengan kerapihan dan kebersihannya, sehingga tidak mengherankan jika taman ini, pernah menyabet sebuah perhargaaan dari PBB, yaitu sebagai Taman Terbaik se-Asia di tahun 2013 lalu. 

Bukan sekadar taman biasa, taman Bungkul juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat pengunjung betah, seperti free wifi, ada skateboard track, ada pula jogging track, ada juga telepon umum, dan yang paling favorit adalah ada tempat khusus bermain anak.


2. Tempat Wisata Surabaya di Masjid Ampel


Biaya masuk: gratis, hanya bayar parkir kendaraan saja.

tempat wisata surabaya masjid ampel

Masjid Ampel merupakan salah satu masjid yang tertua dan berada di kota Surabaya.
Masjid ini memiliki luas 120 x 180 meter persegi, dantelah dibangun sejak tahun 1421 oleh Raden Mohammad Ali Rahmatullah atau dikenal sebagai Sunan Ampel. 

Masjid ini berada di kelurahan Ampel, kecamatan Semampir, kota Surabaya.
Di sekitar masjid ini banyak dihuni oleh para keturunan Arab, sehingga tidak heran selain wisata ziarah masjid, para pengunjung juga bisa membeli beberapa makanan atau produk-produk masyarakat keturunan Arab tersebut.


3. Tempat Wisata Surabaya di Masjid Laksamana Ceng Ho

 
Biaya masuk: gratis, hanya bayar parkir kendaraan saja.

tempat wisata surabaya masjid cheng ho

Masjid unik yang bernama Masjid Cheng Ho ini, terletak di Jalan Gading, kelurahan Ketabang, kecamatan Genteng, kota Surabaya. 

Masjid ini menjadi unik, karena di-design dengan arsitektur yang beda dari lainnya, yaitu dengan nuansa Tioghoa yang kental.

Hal ini bisa terlihat dari pintu masuk di masjid ini yang menyerupai bentuk bentuk pagoda.
Selain itu, ada pula relief naga serta patung singa yang terbuat dari lilin, lengkap dengan lafaz Allah dari huruf Arab yang berada di puncak Pagodanya. 

Masjid Cheng Ho ini sengaja dibangun, sebagai salah satu bentuk penghormatan terhadap seorang muslim terkenal berasal dari China, yang bernama Laksamana Ceng Ho, di mana dia sangat berperan aktif dalam menyebarkan agama Islam di Surabaya dulunya.


4. Tempat Wisata Surabaya di Gedung Grahadi


Biaya masuk: gratis, hanya bayar parkir kendaraan saja.

tempat wisata surabaya gedung grahadi

Gedung Grahadi adalah termasuk salah satu gedung tertua yang ada di Surabaya, dan telah dibangun sejak tahun 1795, oleh G.C Citroen. 

Uniknya, gedung ini di-design dengan gaya arsitek neo klasik. Dan sejak tahun 1991, gedung ini telah dijadikan sebagai destinasi wisata gratis oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Di dalam gedung ini, pengunjung dapat menikmati dan melihat ruangan yang dulunya digunakan sebagai kantor dan tempat beristrahatnya para pejabat Belanda.
Selain itu, pengunjung juga akan dibuat terpesona oleh arsitektur gedung yang sangat mempesona.


5. Tempat Wisata Surabaya di Tugu Pahlawan


Biaya masuk:  Rp 5000 per orang, dan juga dikenai biaya parkir kendaraan.

tempat wisata surabaya tugu pahlawan

Salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi adalah, Tugu Pahlawan Surabaya.
Terutama jika mengajak anak-anak, mereka pasti akan senang sekali bisa menyaksikan langsung berbagai hal yang mereka pelajari di pelajaran Sejarah di sekolah.

Tugu Pahlawan merupakan monumen kebanggaan Surabaya dan terletak di Jalan Pahlawan, kota Surabaya.

Tugu ini sengaja dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah banyak gugur dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Indonesia dahulu.

Selain bisa menikmati tugu yang tinggidan dibangun di area lahan seluas 1,3 hektar, pengunjung juga bisa menikmati berbagai bukti sejarah perjuangan 10 November 1945 silam, di museum yang ada di area tersebut, yang banyak menampilkan berbagai foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan.


6. Tempat Wisata Surabaya di Monumen Kapal Selam


Biaya masuk:  Rp 5.000 per orang, dan juga dikenai biaya parkir kendaraan.

tempat wisata surabaya monkasel

Wisata Monumen Kapal Selam ini terletak di tengah pusat kota Surabaya, tepatnya di jalan Gading, kelurahan Ketabang, kecamatan Genteng, kota Surabaya.

Di tempat ini, pengunjung akan disuguhkan oleh kapal selam beneran, bahkan pengunjung bisa memasuki kapal selam tersebut dan melihat seperti apa sih kondisi di dalam kapal selam?

Kapal selam tersebut merupakan kapal selam peninggalan pejuang dahulu, yang dibuat oleh Uni Soviet pada tahun 1952.

Setelah kemerdekaan diraih, kapal selam ini akhirnya dijadikan sebagai sebuah monumen, sebagai penghormatan kepada jasa dan keberanianpara pahlawan kita, dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan di masa lampau.  

Di wisata ini, pengunjung juga bisa menonton sebuah video sejarah kapal selam Indonesia, serta menikmati sajian musik yang ditampilkan di panggung terbuka setiap hari Sabtu dan Minggu.


7. Tempat Wisata Surabaya di Pantai Ria Kenjeran


Biaya masuk:  Rp 15.000 per orang, dan juga dikenai biaya parkir kendaraan.

tempat wisata surabaya pantai ria kenjeran

Pantai Ria Kenjeran merupakan salah satu tempat wisata favorit di Surabaya.
Pantai ini terletak di jalan Sukolilo, kecamatan Bulak, kota Surabaya.

Berwisata ke pantai ini, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang indah, ada pula fasilitas tempat bermain anak, serta toko-toko yang menjual berbagai souvenir pernak pernik khas Surabaya.

Ada pula kolam renang, kolam pemancingan, hingga berbagai stand yang menjual makanan, tentunya kebanyakan adalah makanan khas Surabaya, yang sayang banget untuk dilewatkan.


Demikianlah 7 temnpat wisata di Surabaya yang murah bahkan sebagian ada yang gratis, yang sangat cocok dikunjungi di waktu liburan anak sekolah maupun libur natal dan tahun baru 2023 ini.

Jadi, bagi yang sedang berada di Surabaya, jangan lupa mampir di tempat-tempat wisata Surabaya di atas ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar