Selasa, 27 Desember 2022

Warga Kampung 1001 Malam Direlokasi Ke Hunian yang Lebih Layak

Relokasi warga kampung 1001 surabaya

Akhirnya, warga yang tinggal di sekitar Kampung 1001 malam, kembali direlokasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, mulai Senin 26 Desember 2022 kemarin.

Para warga yang sebelumnya masih bertahan dengan tinggal di Kampung 1001 Malam, yang terletak di Jalan Lasem Barat, Dupak, Kecamatan Krembangan, Surabaya, dan hunian mereka masih jauh dari kata layak.

Karena itulah, Pemkot memberikan kesempatan untuk direlokasi ke tempat baru, agar warga bisa lebih nyaman dan sehat di hunian baru tersebut.

Dengan didasari data dari Dinas Sosial Surabaya, ada sekitar 23 kepala keluarga yang masih bertahan di Kampung 1001 Malam tersebut, dan semuanya bersedia untuk direlokasi ke Rusunawa Sumur Welut.

Sebelumnya kegiatan relokasi warga ini, juga sudah pernah dilakukan, dan kegiatan kali ini merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya.

Pemkot lalu mengerahkan petugas Satpol PP, yang membantu proses relokasi, dengan cara menerjunkan armada truk. 

Truk-truk tersebutlah yang akan membantu para warga, untuk memindahkan dan mengangkut barang-barangnya menuju lokasi relokasi di Rusunawa Sumur Welut.

Sebelum melaksanakan relokasi tersebut, Dinas Sosial Kota Surabaya telah melakukan pendataan warga dengan disertai sosialisasi, dimulai dari hari Jumat, 23 Desember 2022 lalu.

Relokasipun dilaksanakan tanpa terburu-buru, Pemkot memberikan waktu agar warga bisa pindahan dengan nyaman, dengan memulai prosesnya di hari Senin kemarin, hingga selesai semuanya.

Bukan hanya direlokasi, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi juga menginstruksikan kepada semua PD di lingkup pemkot, agar mengecek lagi, apa saja kebutuhan yang diperlukan warga di Kampung 1001 Malam. 

Kampung 1001 malam di Dupak Surabaya

Hal ini dikarenakan, Pemkot berkeinginan agar semua warganya bisa hidup dengan layak. 
Untungnya, semua niat baik Pemkot itu disambut positif oleh warga eks Kampung 1001 Malam yang kini telah tinggal di tempat baru mereka.

Karena menurut mereka, bentuk perhatian dari Pemkot itu nyata, bukan hanya mendapatkan rusun, warga juga diberi pekerjaan yang layak,hingga diuruskan seluruh kebutuhan penting, seperti BPJS Kesehatan dan administrasi kependudukan (adminduk).

Semoga dengan adanya langkah relokasi warga Kampung 1001 Malam ini, semua warga Surabaya bisa hidup dengan layak dan nyaman.

Sumber berita : https://surabaya.go.id/ diakses 27 Desember 2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar