Kamis, 05 Januari 2023

7 Lontong Balap Surabaya yang Enak dan Terkenal, Wajib Coba!

lontong balap surabaya

Lontong balap Surabaya merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang enak dan wajib dicobain, ketika sedang berlibur atau berada di kota pahlawan ini.

Ada banyak penjual lontong balap yang tersebar di seluruh wilayah Kota Surabaya, baik yang terkenal maupun kurang terkenal.

Dan beberapa penjual lontong balap Surabaya yang enak dan terkenal adalah:   


1. Lontong Balap Pak Gendut Asli


Lontong balap Surabaya Pak Gendut Asli ini dijual di sebuah warung dan telah ada sejak tahun 1958 loh, nggak heran jika dikatakan sebagai sebagai warung lontong balap Surabaya yang legend

lontong balap surabaya pak gendut asli pusat

Menurut cerita dari beberapa sumber, awal mula adanya lontong balap Pak gendut ini, yaitu bermula dari Bu Saunah yang menjual lontong balap ini, dengan menggunakan pikulan keliling. 

Karena memang rasanya enak, dan cocok untuk lidah masyarakat Surabaya kebanyakan, seiring waktu usaha lontong balap ini jadi berkembang, hingga akhirnya sekarang sudah punya 3 cabang di Surabaya.

Bagi yang ingin menikmati lontong balap Pak Gendut ini, silahkan datang di warung salah satu cabangnya, dan akan disuguhkan porsi lontong balap yang isinya terdapat beberapa irisan lontong, ada juga lentho, kecambah, yang disiram dengan kuah segar dan gurih, tidak lupa ditaburi bawang goreng, dan dimakan dengan tambahan penyedap kecap.

Dijamin, rasa gurih dan nikmat yang sulit dilupakan, akan menjadi pengalaman makan lontong balap Surabaya di tempat legend ini.

Saking terkenalnya warung lontong balap Pak Gendut ini, jadinya bukan hanya warga di sekitarnya,  yang selalu menjadi pengunjungnya, namun para pendatang, wisatawan, artis bahkan pejabat juga selalu menjadikan lontong balap Pak Gendut ini sebagai jujugan wajib menikmati kuliner ketika di Surabaya.

Di warung lontong balap Pak Gendut ini, pengunjung tidak hanya bisa menikmati lontong balap saja, tapi juga disiapkan sate kerang yang nikmat. 
Karenanya, jangan sampai skip, ketika sedang di Surabaya, tapi tidak mencicipi lontong balap dan sate kerang Pak Gendut.

Lokasi warung lontong balap Pak Gendut Asli (Pusat) ini, bisa ditemukan di alamat: Jalan Prof. Dr. Moestopo, Surabaya (depan kantor PDAM Surabaya).

Buka mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. 
Adapun harga yang dibanderol untuk 1 porsi lontong balap Pak Gendut juga terbilang murah, hanya kurang lebih Rp. 14.000,- per porsi.



2. Lontong balap Pak Gendut Cabang 1


Selain berlokasi di Jalan Prof. Dr. Moestopo, Surabaya, warung lontong balap Pak Gendut cabangnya juga bisa ditemui di alamat di Jalan Embong Malang No 38.
Waktu operasionalnya juga sama, mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB.

lontong balap surabaya pak gendut cabang

Jadi, bagi pengunjung yang kejauhan harus datang ke warung pusat lontong balap Pak Gendut, bisa mengunjungi cabang yang ini.

Tak perlu khawatir, kenikmatannya tetap sama kok, dengan sajian lontong balap Surabaya, lengkao dengan sate kerangnya.


3. Lontong Balap Pak Gendut Cabang 2


Nah, bagi yang ingin menikmati lontong balap Pak Gendut dengan suasana lain yang lebih nyaman, maka bisa dengan mengunjungi lontong balap Pak Gendut cabang 2, yang berada di foodcourt Plaza Royal Surabaya, Stand Mi-26A.

Untuk jam operasionalnya mengikuti waktu operasional mall, yaitu pukul 10.00-21.00 WIB.
Dan tak perlu khawatir soal harga, meski letaknya di dalam mall, harga yang diberlakukan untuk setiap porsi lontong balap juga sama dengan di cabang lainnya, sekitar kurang lebih Rp. 14.000,- per porsi. 


4. Lontong balap Rajawali


Lontong balap Surabaya yang terkenal lainnya adalah, lontong balap Rajawali.
Terletak di jalan Krembangan No 32, Surabaya, atau lebih tepatnya ada di depan SPBU Rajawali. 
Warung ini beroperasional hanya di siang hari saja, setiap hari Senin-Sabtu mulai pukul 06.00 sampai dengan 16.30 WIB.

lontong balap surabaya rajawali

Di lontong balap Rajawali ini, pengunjung akan disuguhi seporsi lontong balap dengan potongan lontong, tahu goreng, tauge atau kecambah, lentho, sambal petis, kecap dan bawang goreng.  

Harga 1 porsi lontong balap Rajawali adalah Rp. 15.000,- dan untuk harga 1 porsi sate kerang isi 10 tusuk adalah Rp. 15.000,- juga.


5. Lontong Balap Cak No


Berikutnya ada lontong balap Cak No, yang telah berjualan sekitar 18 tahun lamanya, dan tak heran dikatakan lontong balap legend.

lontong balap surabaya cak no

Yang menarik, harga seporsi lontong balap Cak No sangat terjangkau, hanya sekitar Rp. 10.000,- saja.
Dan juga porsi yang diberikan lumayan banyak, sehingga sangat mengenyangkan.
 
Karena rasanya yang lezat, ditambah harganya yang merakyat, maka lontong balap ini tak pernah sepi dikunjungi pelanggan.
Karenanya, setiap hari, penjual lontong balap di warung ini, bisa meracik sampai dengan 350 porsi lontong balap. 

Bahkan di waktu akhir pekan, yaitu hari Sabtu dan Minggu, konon warung ini bisa meracik hingga 500 porsi lebih.

Lokasi lontong balap Cak No berada di Jalan Bromo No 7 Kecamatan Sawahan Surabaya, atau tepatnya ada di sebelah SPBU Arjuno.

Lontong balap Cak No beroperasi setiap hari, mulai pukul 07.00 sampai pukul 12.00 atau sampai habis. So, bagi yang ingin menikmati lontong balap Surabaya Cak No, pastikan jangan datang terlalu siang ya, agar tidak kehabisan.



6. Lontong balap Pak Dul


Masih ada lagi lontong balap Surabaya yang terkenal dan enak, yaitu lontong balap Pak Dul.
Yang menjadi kelebihan dari warung lontong balap ini adalah, karena rasanya yang lezat dan harganya pun murah meriah, tak heran jika warung ini tak pernah sepi dari pelanggan.

lontong balap surabaya pak dul

Lokasi warung lontong balap Pak Dul, ada di Jalan Abdul Wahab, Surabaya Selatan.
Dan jam operasional setiap hari, mulai pukul 08.00-14.00 WIB.


7. Lontong balap Artomoro


Last but not least, salah satu lontong balap Surabaya yang terkenal dan enak adalah warung lontong balap Artomoro.

lontong balap surabaya artomoro

Yang unik, di warung ini tidak hanya menyajikan lontong balap Surabaya saja, tapi juga ada lontong kupang, yang merupakan makanan khas Sidoarjo.

Harga seporsi lontong balap di warung ini juga sangat terjangkau, dan juga disediakan minuman es kelapa muda yang segar.
Lokasi warung lontong balap Artomoro ini, ada di Jalan Raya Menur, Surabaya.


Penutup


Lontong balap Surabaya merupakan makanan khas Surabaya yang rasanya unik dan lezat, dan juga selalu dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Tidak heran jika makanan khas ini, menjamur di mana-mana, hampir di seluruh wilayah Surabaya, kita pasti bisa menemukan warung lontong balap Surabaya.
Namun, ada beberapa di antaranya yang memang lebih terkenal dan enak.

Sumber dan referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar