Kamis, 19 Januari 2023

Oleh Oleh Surabaya Kekinian yang Legend dan Tahan Lama

oleh-oleh-surabaya-kekinian

Oleh oleh Surabaya kekinian selalu diburu para wisatawan yang sedang berlibur di kota metropolitan Surabaya ini.

Bukan hanya para wisatawan yang sedang berkunjung atau berlibur, oleh-oleh khas kota pahlawan ini, juga selalu menjadi pilihan utama yang dibawa banyak orang dari Surabaya ketika berkunjung ke daerah lain, menemui keluarga, rekan dan semacamnya.

Ada begitu banyak oleh oleh Surabaya kekinian yang bisa dijadikan pilihan, sebagai buah tangan khas Surabaya, namun kebanyakan orang memang memilih jenis oleh-oleh makanan yang tahan lama, agar tidak mudah rusak atau basi ketika sedang di perjalanan.

Baca juga : Sejarah dan Perkembangan Lontong Balap Surabaya

Berikut beberapa pilihan jenis oleh oleh Surabaya kekinian yang berupa makanan dan awet atau tahan lama, di mana sebagian jenis makanan ini memang sudah menjadi legend. Namun karena rasa dan kualitasnya tidak pernah berubah, maka sulit ditiru orang lain, dan selalu menjadi jenis oleh-oleh yang bertahan di tengah gempuran oleh-oleh kekinian lainnya yang bermunculan, yaitu:


1. Sambal Bu Rudy

oleh-oleh-surabaya-kekinian

Sambal bu Rudy memang sudah menjadi legend dan terkenal di banyak kalangan. Bahkan di tengah gempuran jenis usaha yang sama bermunculan dan viral di awal kemunculannya, rasanya tak mampu menggeser sambal bu Rudy ini, dari hati pelanggannya.

Sambal bawang yang ditumis dengan minyak sisa udang ini, punya ciri khas rasa yang tidak bisa ditiru, tak heran sambal Bu Rudy masih menjadi oleh oleh Surabaya kekinian, meski sudah ada sejak lama.

Terlebih sambal Bu Rudy ini, sangat awet dan tahan lama, bisa bertahan hingga 1 bulan di kulkas loh, jadi aman untuk dibawa ke mana-mana.


2. Spikoe Resep Kuno

oleh-oleh-surabaya-kekinian

Oleh oleh Surabaya kekinian berikutnya adalah jenis kue lapis legend dari Surabaya yang super lembut dan gurih, bernama Spikoe Resep Kuno

Menariknya Spikoe Resep Kuno ini, sudah ada sejak tahun 1976 loh, dan hingga kini, rasanya tak pernah berubah, yang membuat banyak orang selalu menjadikan Spikoe Resep Kuno ini sebagai pilihan buah tangan atau oleh-oleh dari Surabaya.


3. Almond Crispy

oleh-oleh-surabaya-kekinian

Almond Crispy merupakan salah satu pilihan oleh-oleh Surabaya yang tetap jadi kekinian, meski terbilang legend dan tahan lama.

Camilan crispy tipis namun renyah dan manus ini, memang selalu sukses bikin ketagihan siapapun yang mencobanya, terlebih dengan berbagai pilihan rasa yang ada.


4. Siropen Telasih

oleh-oleh-surabaya-kekinian

Siropen telasih adalah minuman khas dan asli Surabaya yang merupakan warisan Belanda untuk kota Surabaya. Sirup vintage ini telah ada sejak tahun 1923,  dan uniknya, punya banyak rasa yang terbilang unik untuk sebuah sirup, seperti: mawar, frambosen, irish cream, peppermint, dan lain lain.

Oleh-oleh sirup seperti ini, pastinya tetap menjadi pilihan oleh oleh Surabaya kekinian yang sudah pasti legend, dan tahan lama dibawa ke mana pun.

Baca juga : Surabaya di Masa Lalu


5. Guna-Guna Snack

oleh-oleh-surabaya-kekinian

Berikutnya ada Guna-Guna Snack, yang bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas kekinian dari Surabaya. Konsepnya yang unik, dengan tema 'when classic meets kekinian', membuat camilan ini sangat disayangkan, jika tak dicobain. 

Guna-Guna Snack menawarkan berbagai camilan jadul seperti: schuimpjes, kue semprit, hingga kue soes kering, dengan kemasan kekinian dan cantik, yang pastinya cocok buat hampers maupun bingkisan oleh-oleh.

 

6. Belinjo Udang 

oleh-oleh-surabaya-kekinian

Meski udang menjadi salah satu ciri khas kota Sidoarjo, tetangga kota Surabaya, namun bukan berarti udang tidak populer di Surabaya.

Adalah belinjo udang, yang merupakan camilan idola para seafood lovers. Diolah dari keripik belinjo dan udang, yang sangat cocok dijadikan camilan, maupun jadi lauk yang pas buat para anak kostan.

Salah satu belinjo udang yang terkenal di Surabaya adalah belinjo udang Ny. Siok yang sudah terkenal akan nikmatnya.


7. Kerupuk Ikan Kenjeran

oleh-oleh-surabaya-kekinian

Well, kalau sedang di Surabaya, pastinya jangan melewatkan berkunjung di daerah Kenjeran Surabaya ya. Di sini selalu ramai dengan orang-orang yang datang menikmati taman pinggir laut, dan bukan itu saja, di daerah ini, menjadi surganya olahan ikan.

Ada berbagai macam olahan ikan yang enak-enak, namun yang paling terkenal, tentunya Kerupuk Ikan yang gurih dan kriuk.


8. Cakue Peneleh

oleh-oleh-surabaya-kekinian

Cakue mungkin merupakan salah satu camilan yang banyak ditemukan di berbagai wilayah kota Surabaya, namun ada satu jenis camilan cakue yang sangat terkenal dengan rasanya yang nikmat, yaitu Cakue Peneleh.

Camilan yang terbuat dari cincangan udang dan ayam ini memang nikmat banget untuk dinikmati ketika masih panas.

Namun jangan khawatir, kita bisa membeli produk frozennya untuk dijadikan oleh-oleh, yang mana tentunya siap digoreng di rumah dan disantap panas-panas.

Baca juga : All You Can Eat Surabaya yang Murah


9. Abon Sapi Padmosusastro

oleh-oleh-surabaya-kekinian

Abon sapi mungkin bisa kita temukan di berbagai daerah, namun di Surabaya ada abon sapi yang sangat terkenal dan cocok untuk dijadikan oleh oleh Surabaya kekinian, yang pastinya telah menjadi legend dan tahan lama.

Abon sapi Padmosusastro, yang berisi full daging sapi, yang tentunya lebih praktis serta nikmat untuk dikonsumsi dengan nasi panas.

Oh ya, Abon sapi ini juga awet dan tahan lama hingga berbulan-bulan loh.


10. Aneka Olahan Mangrove

oleh-oleh-surabaya-kekinian

Di sebuah daerah di bagian Rungkut Surabaya, terdapat sebuah wilayah Mangrove yang terkenal. Dan bukan hanya keindahan alam mangrove tersebut yang bisa dinikmati pengunjung, namun di sekitaran daerah tersebut, terdapat banyak produk unik yang sehat buatan kelompok petani di Rungkut.

Produk-produk ini tentu saja bisa menjadi pilihan oleh oleh dari Surabaya, dan sangat cocok buat yang menyukai gaya hidup sehat, karena terdapat antioksidan dan vitamin yang tinggi, terkandung di dalamnya.


Penutup

Berkunjung ke Surabaya memang banyak yang bisa dilakukan, menikmati wisata dan kulinernya, dan yang pasti jangan sampai pulang dengan tangan hampa, serta melewatkan berbagai pilihan oleh-oleh Surabaya kekinian.

Dan di atas ada 10 rekomendasi oleh-oleh Surabaya yang bisa dipilih untuk dijadikan buah tangan dari Surabaya untuk keluarga, saudara maupun teman-teman.


Sumber:
  • https://www.tripzilla.id/oleh-oleh-surabaya-kekinian/22704 diakses 19 januari 2023
  • https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/09/08/10-oleh-oleh-khas-surabaya-yang-paling-terkenal-dan-tahan-lama-untuk-dibawa-pulang diakses 19 januari 2023
Gambar: Canva edit by Rey dan berbagai sumber

Demikianlah artikel tentang oleh oleh Surabaya kekinian yang legend dan tahan lama, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar