Minggu, 25 Desember 2022

Potret Perayaan Natal di Surabaya Berlangsung Aman

Natal di surabaya

Hari ini merupakan hari spesial buat semua umat Kristiani di Surabaya, karena mereka merayakan Natal dengan gembira dan penuh rasa aman.

Kebiasaan Masyarakat Merayakan Natal di Surabaya


Hampir sama dengan berbagai daerah di Indonesia, di Surabaya, orang-orang juga seringnya merayakan Natal dengan mengunjungi gereja, lalu berkumpul dengan keluarga dan teman-teman, serta menyajikan makanan khas Natal. 

Ada juga beberapa orang atau keluarga yang mungkin akan mengadakan pesta Natal atau perayaan kecil di rumahnya masing-masing, atau yang biasa disebut open house.

Sementara yang lainnya, mungkin akan pergi ke tempat-tempat hiburan, atau juga mengunjungi tempat-tempat wisata di kota Surabaya hingga di luar kota Surabaya. 

Selain itu, terdapat juga kebiasaan lokal yang unik yang dilakukan oleh beberapa orang di Surabaya saat merayakan Natal, seperti memasang pohon Natal atau menyalakan lilin di depan rumah. 

Namun, kebiasaan merayakan Natal tersebut, tentunya berbeda-beda, tergantung dari keluarga atau kelompok sosial yang dimilikinya.


Perayaan Natal di Surabaya Berlangsung Aman


Perayaan Natal di Surabaya telah dipersiapkan, agar umat Kristiani yang merayakannya merasa aman. Sejak malam Natal, 24 Desember 2022, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, ikut memantau di sejumlah gereja-gereja di Surabaya.

Eri Cahyadi memantau persiapan natal

Hal ini disambut gembira oleh para umat Kristiani, dan semua mengaku senang, karena merasa lebih aman untuk bisa merayakan hari besar agama mereka.

Dan di hari Natal ini, meskipun seharian hampir seluruh wilayah Surabaya diguyur hujan dengan intensitas ringan, serta mendung menggelayut di mana-mana.

Tapi umat Kristiani, tetap bisa merayakan Natal dengan aman, damai dan gembira.

Beberapa di antara mereka merayakan dengan berbagai acara yang meriah dan unik, seperti para jemaat Gereja Kepanjen Surabaya yang merayakan Natal dengan nuansa Indonesia Timur, di mana para jemaat yang hadir di gereja, kompak memakai baju bernuansa Indonesia Timur sejak ibadah misa Sabtu.

Menurut Romo Martinus Aluysius Paryanto, Pastur Kepala Paroki Gereja, hal tersebut dikarenakan para jemaat yang ada memang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Di lain tempat, Ketua Majelis Jemaat GKI Darmo Satelit, Indahwati Yoewono, juga sengaja mengundang tokoh lintas agama dalam perayaan Natal bertema 'Kemuliaan Manusia Natal' tahun 2022 ini, dan berlangsung dengan sangat meriah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar