Minggu, 19 Mei 2024

Festival Rujak Uleg Surabaya 2024 untuk Ultah 731 Kota Pahlawan

 

festival rujak uleg surabaya 2024

Festival Rujak Uleg Surabaya 2024 diselenggarakan hari ini, Minggu 19 Mei 2024. Event ini menjadi kegiatan tahunan pemkot Surabaya dalam rangka memperingati hari jadi kota pahlawan ke-731.

Acara ini diselenggarakan di Taman Surya dan berlangsung sangat meriah serta seru. Event ini memang sudah diadakan sejak tahun 2004, dan sekarang sudah memasuki tahun ke-20 dan dihadiri oleh ribuan warga Surabaya.

Tahun ini, menguung tema festival "The History of Rujak Cingur.". Semua peserta menampilkan rujak cingur sebagai sajian utama. Yang bikin spesial, ini adalah pertama kalinya festival diadakan di Taman Surya.

Selain itu, jumlah porsi rujak yang disediakan juga lebih banyak dibandingkan tahun lalu, totalnya ada 1.531 porsi. Di mana Pemkot juga menyumbang 731 porsi, dan 800 porsi lainnya berasal dari peserta kalangan swasta.

Dalam acara ini, tentunya dihadiri Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi dan menjelaskan bahwa jumlah 731 porsi dari pemkot disesuaikan dengan ulang tahun Kota Surabaya yang ke-731. 

Sang Wali kota bersama istrinya, Rini Indriyani, dan juga beberapa pejabat serta anggota DPRD Kota Surabaya, juga turut menguleg rujak di sebuah cobek raksasa yang berada di depan lobi Balai Kota.

Setelah rujak jadi, porsi-porsi tersebut dibagikan kepada warga yang hadir. 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji, juga ikut serta dalam kegiatan ini. Beliau juga berkeliling membagikan rujak kepada warga yang sudah berjajar di luar barikade. 

Hampir semua warga mendapatkan bagian. Suasananya sangat meriah namun tetap tertib. 

Para penonton yang hadir sangat gembira, karena selain menikmati rujak uleg, acara juga dimeriahkan dengan berbagai lomba. 

Ada lomba fashion show, permainan, dan kompetisi stan terbaik dari puluhan peserta.

Pak Eri juga menambahkan penjelasannya, bahwa setiap tahun, akan dilakukan Festival Rujak Uleg akan selalu mengusung tema yang berbeda, sama seperti event-event Surabaya lainnya. 

festival rujak uleg surabaya

Dia juga mengingatkan acara Parade Bunga minggu depan yang akan tampil dengan tema berbeda. rencananya, temanya akan mengusung cerita sejarah Surabaya hingga hari ini.

Acara semakin meriah, karena baik wali kota maupun wakilnya, Eri dan Armuji juga ikut dalam drama singkat yang menceritakan sejarah rujak uleg. Drama ini melibatkan peserta yang memakai kostum dari berbagai zaman seperti era kolonial, Tiongkok, Arab, dan Jawa.

Jadi, siapa yang hadir di acara Festival Rujak Uleg Surabaya 2024 tadi pagi?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar